Bahan Mid Semester Kelas x september 2010

MENERAPKAN FUNGSI PERIFERAL & INSTALASI PC (Part1)

Defenisi peripheralPeriferal adalah perangkat yang digunakan untuk mengoptimalkan kinerja dari PC

Menjelaskan contoh alat-alat periferal & fungsi periferal serta sistem kerja peripheral
1.    Scanner
Digunakan untuk memasukkan data, khususnya data yang berupa gambar(image). Scanner bekerja dengan cara mencatat dari hasil scanner atau alat pemindaian yang direkam sedemikian rupa.

2.    Joystick
Digunakan untuk memainkan suatu permainan (game) yang khusus dimainkan di komputer. Game yang dapat dimainkan adalah game yang khusus untuk joystick. Dengan menggunakan alat ini maka kita dapat menggerakkan objek permainan dilayar monitor ke segala arah yang kita inginkan. Melakukan perintah-perintah dengan menggunakan tongkat kemudi (stik) dan tombol-tombol yang tersedia.

3.    Speaker
Speaker atau pengeras suara merupakan alat periferal yang di gunakan untuk mengobah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara)

4.    Printer
Merupakan alat yang di gunakan untuk mengeluarkan hasil dari proses ke bidang datar (kertas), adapun pembagiannya sebagai berikut:
a.    Pinter Dot Matrix
b.    Printer Ink Jet
c.    Printer Bobble Jet
d.    Printer Laser Jet

a.    Printer Dot Matrix
Printer jenis ini menggunakan prinsip kerja mesin ketik konvension. Pada ujung kepala alat ketuknya (head) berisi jarum-jarum logam yang secara bergantian atau serempak memukul lembaran pita yang mengandung tinta (karbon) dan membentuk suatu pola pada media cetak dibelakang pita bertinta tersebut. Jenis printer ini tidak dapat mencetak berwarna. Resolusi yang dihasilkan tergantung dari jumlah jarum (pin) yang ada pada head.

Semakin banyak jumlah pin –nya maka semakin baik resolusinya sebagai contoh head 9 menghasilkan resolusi 75-100 dpi. Sedangkan untuk head 24 menghasilkan resolusi 150-200 dpi kecepatan cetaknya maksimal 0.5 ppm.

b.    Printer ink jet
Cara kerja printer ini dengan   menyemprotkan tinta cair langsung dari head printer kemedia cetak. Pada ujung head terdapat lubang-lubang berkatub yang sangat kecil. Katub tersebut secara otomatis dapat mengatur besar kecilnya seprotan tinta ke media cetak. Resolusi yang dihasilkan printer ini mencapai 360-480 dari kecepatan cetaknya mencapai 2-4 ppm (hitam-putih) dan 1-3 ppm (sewarna)

c.    Printer Bobble jet
Perkembangan lebih lanjut dari ink jet di namakan printer bobble jet, dengan prinsip kerjanya sama. Memakai tinta cair dan keunggulan yang juga hampir sama perbedaannya pada bobble jet.

Sistim kerjanya yaitu: Tinta di tiup melalui lubang-lubang pada head printer membentuk gelembung-gelembung mikro dengan pola-pola tertentu dan langsung mengenai media cetak.



d.    Printer Laser jet
Printer ini merupakan printer yang memiliki resolusi paling tinggi mencapai 720-1024 dpi dengan kecepatan cetak mencapai 5-10 ppm. Cara kerja printer ini mirip mesin foto copy. Printer ini memakai tinta kering berbentuk serbuk (bubuk) yang di taburkan menurut pola-pola tertentu pada media cetak untuk kemudian dipanaskan melalui elemen pemanasan sehingga tercetak secara permanent



Menyambung /memasang periferal secara fisik dan periferal setup menggunakan software

1.    Mengenal Driver
Driver adalah suatu sistem yang digunakan untuk menghubungkan perangkat hardware ke sistem operasi

2.    Menyambung periferal secara fisik
    Printer
Langkah-Langkah Pemasangan:
a.    Menyediakan printer yang akan di sambung ke PC
b.    Memeriksa keadaan printer dan PC
c.    Memasang kabel power ke printer dan ke PC
d.    Memasang kabel USB (data) ke printer dan ke PC
    Speaker
Langkah-Langkah Pemasangan:
a.    Menyediakan speaker yang akan di sambung ke PC
b.    Memeriksa keadaan speaker dan PC
c.    Memasang kabel power ke PC atau memasang kabel USB sebagai power dan kabel data pada speaker
d.    Memasang kabel audio output ke PC


3.    Menyambung periferal secara software (setup menggunakan software) – (Praktek)
Pokok bahasan Praktek

0 komentar:

Posting Komentar

 
riki arso © 2010 | Designed by Trucks, in collaboration with MW3, Broadway Tickets, and Distubed Tour