PERINTAH DASAR DALAM TURBO PASCAL

Sebelum mempelajari bahasa pascal lebih jauh, kita perlu memahami pernyataan-pernyataan yang member peran besar dalam membuat program pascal. Pernyataan tersebut termasuk pernyataan keluaran ke monitor melalui pernyataan write dan writeln serta pernyataan masukan dari keybord melalui pernyataan Read dan Readln

A.  Pernyataan WRITE

Pernyataan Write digunakan untuk mencetak beberapa buah item ke monitor computer dengan berurutan dan secara otomatis pascal menempatkan kursor ke sebelah kanan kursor terakhir. Rumus umumnya adalah : write (item1, item2, item3….). Item ini dapat berupa angka, karakter, string, nilai Boolean, variable dan ekspresi.
Berikut contoh penggunaan pernyataan write !

Contoh 1 :

Program menggunakan_write;uses wincrt;var
angka1:real;
begin
write(’selamat belajar ‘);
write(’turbo pascal ‘);
write(’secara mandiri’);
end.

Tampilan hasil kompilasi :


4

Tampak hasil kompilasi baris program pascal diatas string ‘selamat belajar’, ’turbo pascal’ dan  ‘secara mandiri’ ditulis oleh program pascal dalam satu baris. Ketika pascal telah menuliskan string ‘selamat belajar’ pascal hanya mengeser kursornya kemudian menuliskan string berikutnya sedang dalam baris programnya kita menuliskan ketiga string tersebut berbeda baris.

B. Pernyataan WRITELN

Perintah Writeln merupakan kependekan dari write line, setelah menuliskan parameter/item/string di layar maka kursor penulisan akan langsung pindah ke baris di bawahnya atau ganti baris. Perbedaan write dan writeln adalah setelah menuliskan item-item, pascal memindahkan kursor turun satu baris ke baris berikutnya (menuliskan ke baris yang baru). Sebagai contoh sebagai berikut :
  
Contoh 2 :
  
Program identitasku;
Uses wincrt;
Begin
Writeln (‘namaku Uncle Poo’);
Writeln (‘aku dilahirkan di rumah’); Writeln (‘rumahku di Bukit Tinggi’);
Writeln (‘ulang tahunku setiap tanggal 29 February’);
Writeln (‘udah ya’);
End. 
 
Jika program diatas kita compile maka hasilnya adalah sebagai berikut :
5

Hasil kompilasi baris program diatas menujukkan bahwa setelah menuliskan sebuah string, pascal akan memindahkan kursornya ke baris berikutnya untuk menuliskan string berikutnya.


C. Pernyataan READ
 
Pernyataan Read digunakan untuk membaca data yang dimasukkan oleh programmer melalui keyboard. Statemen read tidak memperhatikan batas baris, rinci data (yang tersedia) akan selalu dibaca tidak tergantung apakah mereka ada di baris yang sama atau tidak. Rumus umumnya adalah : read (variabel1, variabel2,….). Pernyataan ini mengharuskan anda memasukkan data melalui keyboard dan mengakhiri proses memasukkan data dengan menekan tombol enter. Perhatikan contoh program berikut :
  
Contoh 3 :
  
Program statemen_masukkan;
Uses wincrt;
Var
Angka1, angka2 :integer;
Begin
Write(‘masukkan dua buah angka :’);
Read(angka1,angka2);
Write(‘angka pertama adalah :’,angka1,’dan angka kedua
adalah :’,angka2);
End.

Jika program diatas kita compile maka hasilnya adalah sebagai berikut (dalam hal ini saya memasukkan angka 23 dan 32) :

6

D.  Pernyataan READLN
Pernyataan Readln hampir sama dengan pernyataan read.  Pernyataan Readln memindahkan kursor turun satu baris ke baris berikutnya setelah anda mengetikkan nilai variable yang ditanya oleh pascal. Perhatikan contoh berikut :
  
Contoh 4 :
   
Program demo_readln;
Uses wincrt;
Var
Angka1 :integer;
Begin
Writeln(‘masukkan satu buah angka : ’);
Readln(angka1);
Writeln(‘angka yang anda masukkan adalah :’,angka1);
End.

Hasil dari kompilasi program diatas adalah sebagai berikut :
7

0 komentar:

Posting Komentar

 
riki arso © 2010 | Designed by Trucks, in collaboration with MW3, Broadway Tickets, and Distubed Tour